Pagi ini minggu dan saya harus menulis lagi, karena menulis adalah salah satu cara untuk melatih kreativitas. saya mau menulis mengenai sejarah saya waktu punya website sendiri dari tahun 2011-2014 tepatnya waktu belum banyak penyedia layanan hosting pada masa itu.

Dulu sewaktu saya sekolah, saya pengen sekali punya website sendiri, malahan itu adalah sebuah cita-cita saya waktu itu, bahkan ketika saya kuliah saya pengen punya cita-cita setelah lulus bisa buat website sendiri, sayapun mulai suka dunia internet sejak SMP tapi seingat saya waktu smp itu sukanya ngeblog diwarnet, ya mainan warnet dan lebih suka bikin blog gt. bahkan menghabiskan waktu berjam-jam untuk sekedar design blog pakai blogspot, ya maklum soalnya waktu itu belum punya laptop, alhamdulillah ya waktu-waktu yang sangat berkesan.

Nah, barulah ketika waktu SMA sudah mulai mengenai Google tuh, kebetulan kost saya dekat sama warnet alhasil setiap hari saya ngenet sampai malam waktu itu, dan benar dari situlah saya bisa menemukan passion saya ditempat baru, soalnya SMP saya berbeda dengan SMA. cukup jauh jaraknya dan saya harus ngekost pada waktu itu. tapi, jaman dulu masih belum ada aplikasi android, hp saja masih sony ericson pada wktu itu, paling banter nokia. yang bisa stel mp3 itu sudah sangat canggih. setiap hari ngenet yang waktu itu 1 jam Rp 1.500 kalau tidak salah, legend sekali pada masa itu.

Lengkap dengan aneka makanan disana, bisa pesan tapi saya seringnya beli minum sama snack untuk menemani waktu ngenet pada waktu itu. 2007

Semakin kesini, lalu sekolah, dan akhirnya saya kuliah mengambil jurusan yang sama yaitu mengenai IT, khususnya komputer, mungkin dari situ saya mengenal apa itu teknology yang lebih detailnya ya, meskipun masuk jurusan IT tapi tidak semua teknologi disana sesuai minat saya, soalnya ada yang electro, algoritma dll, semua itu tidak sesuai yang saya cari, karena dalam pikiran saya waktu itu saya hanya ingin bisa membuat website. itu saja.

Soalnya memang sejak SMP, SMA, saya ingin tahu bagaimana caranya website itu bekerja dan mengembangkan website untuk bisa diakses banyak orang, hingga bisa menghasilkan sesuatu. nah sesederhana itu, sehingga saya punya cita-cita pengen punya website dengan nama saya sendiri. waktu itu masih impian tuh, soalnya sayapun tidak tahu caranya.

2013, saya belajar dikampus mengenai website, meskipun belajar cara menampilkan sebuah kode kedalam website, itu adalah sebuah hal yang sangat luar biasa, senang sekali rasanya, padahal tampilannya hanya berupa huruf saja. nah dari situlah saya berpikir, saya harus punya website sendiri dan bisa saya akses. Dan setelah sekian semester saya menemukan caranya tepatnya pada tahun 2014, dan saya mencoba menerapkannya, karena waktu itu harga domain dan hosting masih sangat mahal dan itupun hanya 25 MB seingat saya, maklum karena saya masih kuliah jadi uang yang ratusan itu masih sangat mahal, bahkan saya butuh menabung untuk mendapatkan itu.

Dan alhasil, saya bisa booking domain saya, nahrowi.com ya yang saya tulis ini, senang sekali rasanya!! kenapa? karena saya membeli nama saya sendiri dan nama saya hanya 1 didunia, soalnya kan banyak orang yang punya nama nahrowi, tapi yang membedakan adalah nahrowi.com hanya saya yang punya. tentu hal itu ekslusif sekali kan? waktu itu tentu sangat senang sekali, dan akhirnya saya coba menerapkan apa yang saya dapat dikampus waktu itu, kebetulan saya sudah semester akhir dan hal itu membuat saya punya target harus punya website sendiri, karena saya ingin jika nanti interview saya menunjukkan karya saya dengan cara menunjukkan website saya pribadi. setelah beberapa hari belajar secara mandiri, cari di internet, waktu itu masih menggunakan modem untuk browsing, modem usb yang sinyalnya kadang ada kadang tidak itu. hehehe

Dan website pertama saya telah rilis! yey.,senang sekali. alhamdulillah..

Ya tapi tampilan jangan ditanya ya, masih sangat berantakan hanya teks dengan background warna putih saja. nantinya akan saya terus kembangkan. dengan modal itulah saya terus belajar bagaimana website ini bekerja, mengenal server tidak hanya mengenai teori tapi juga mengenal langsung, belajar cara upload website ke server, hingga bagaimana agar website bisa menampilkan ini dan itu, begitu seterusnya.

Sampai suatu ketika saya mengikuti sebuah event teknologi, kalau tidak salah di jakarta smart city, acara dari IBM dan kebetulan saya masuk 15 besar kalau tidak salah waktu itu, saya pernah submit sebuah idea dan dari idea tersebut saya dipanggil untuk datang ke event itu, singkat cerita mereka menanyakan kepada saya, apakah ada kartu nama pak? sayapun menjawab saya belum punya, saya tulis email saya saja disini ya?

Nah, saya lihat ada banyak orang menaruh kartu nama mereka di sebuah gelas besar, saya lihat semua email mereka punya title “CEO dan Founder” saya baru nggeh, ternyata ini adalah event khusus founder dan innovator teknologi, waktu itu jakarta smart city baru awal-awal dibangun. dan ternyata semua yang hadir disini adalah founder dari masing-masing perusahaan mereka? lha saya? kartu nama saja tidak punya, hanya modal nekat kesini hihihi

Saya masuklah ke event itu dengan modal nulis email di kertas, setelah itu saya masuk dikasih souvenir dan juga artibut yang keren banget, saya masih simpan, dan saya lihat dari jauh, ada sosok yang tidak asing, siapa itu? saya menemukan tulisan beliau ketika saya sedang mencari motivasi semangat waktu itu, beliau adalah sosok yang memang pebisnis juga seorang teknopreneur yang benar-benar memulai kariernya dari 0, Dari situlah saya sangat mengagumi beliau sebagai tokoh inspirasi saya, bahwa saya akan bisa seperti beliau kelak jika terus berusaha.

Nah, saya melihat secara langsung pertama kali itu, sebelumnya saya hanya membaca beliau melalui blog dan berita-berita teknologi, ternyata orangnya ramah sekali, dan semua orang mengagumi beliau, senangnya rasanya bisa ikut dalam event ini waktu itu, orang-orang hebat semua tapi tetap terus belajar. Nah, semua orang memberikan kartu nama dan berfoto dengan beliau, saya dari jauh dan mencatat apa yang beliau katakan, sayang sekali kenapa waktu itu saya tidak punya keberanian untuk berfoto ya. saya sekali..

Setelah pulang dari sana, saya juga melewati meja registrasi, disana ada meja yang berisi biodata mereka, saya lihat salah satu kartu nama, dengan nama mereka jhon@technology.com sejenak saya berpikir, kok nama mereka bisa menggunakan .com ya? kok email mereka bukan pakai yahoo dan gmail? keren sekali ya nama mereka. seperti ekslusif gt.

Dari situlah saya punya inspirasi, wah saya kan juga punya nama domain, bagiamana ya agar bisa seperti itu, saya pelajari caranya setiap hari sampai ketemu, dan akhirnya saya mendapatkannya. ini yang saya nanti-nanti, dan dari situpun masih ada kesalahan ternyata emailnya tidak masuk, error dll. beberapa hari kemudian barulah bisa saya benerin, dan sekarang ketika ada event, undangan atau hal lainnya. Saya bisa membagikan kartu nama saya + nama saya + nama situs website saya + alamat email saya, dalam sekali kartu. Keren kan!!!

Dan saya ternyata butuh waktu yang lama ya untuk bisa membuat kartu nama branded miliki saya sendiri, hehehe

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close